Wednesday, March 7, 2012

KEMEROSOTAN MORAL TANDA KEHANCURAN INDONESIA


Dekadensi atau kemerosotan moral yang dialami masyarakat merupakan pertanda kemunduran dan kehancuran Bangsa Indonesia.

Kita perlu mewaspadai fenomena kemerosotan moral di tengah masyarakat, karena akan mendorong bangsa ini secara perlahan-lahan ke arah kemunduran dan kehancuran.

Herry Suhardiyanto menilai moralitas merupakan faktor penting bagi pembangunan identitas dan karakter masyarakat suatu bangsa.

Menurutnya, penafian terhadap faktor moralitas akan menjadi petaka bagi perjalanan dan masa depan sebuah bangsa.

Dia mengingatkan, terdapat sejumlah tanda yang perlu diwaspadai, karena bila tanda-tanda tersebut telah ada, berarti suatu bangsa tengah menuju siklus kemunduran dan kehancuran.

Tanda-tanda tersebut adalah meningkatkannya kekerasan di kalangan remaja. Kekerasan di kalangan remaja akan menyebabkan mereka kehilangan masa depan.

Tanda berikutnya adalah penggunaan bahasa dan kata-kata yang buruk dan pengaruh 'peer group' atau kelompok pertemanan yang kuat dalam tindakan kekerasan.

Peningkatan perilaku merusak diri seperti penggunaan narkoba, alkohol dan seks bebas, serta korupsi dan penggelapan juga sebagai fenomena kerusakan moral yang perlu diwaspadai.

Tanda-tanda selanjutnya berupa semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk, menurunkan etos kerja, semakin rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, serta menguatnya budaya ketidakjujuran.

Oleh karena itu, IPB mengajak para pemangku kepentingan untuk memperhatikan pengembangan karakter masyarakat sebagai upaya mencegah terjadinya kemerosotan moral.

http://www.facebook.com/cargo.indonesia


No comments:

Post a Comment